Kiat Sukses dalam Membangun Usaha

03.07 Unknown 0 Comments

Bagaimana memulai sebuah bisnis yang berhasil?
Pertanyaan itu sering ditanyakan orang. Namun, belum pernah ditemukan jawaban yang pasti. Walaupun demikian, sukses tergantung pada kemampuan untuk menemukan peluang bisnis, dan segera bertindak dengan mengelola sumber daya yang dibutuhkan untuk menawarkan sesuatu yang menarik bagi pelanggan, dan mengambil risiko yang ada. Hal ini penting bagi kewirausahaan dalam konteks bisnis.
Yang berperan penting dalam proses keseluruhan adalah wirausaha. la mengambil inisiatif untuk menciptakan serta melakukan penawaran menarik yang bernilai kepada calon pelanggan. Kemampuan pengusaha untuk melakukan hal ini dengan berhasil tergantung pada empat 4 faktor, yaitu: (a) Motivasi, (2) kemampuan), (3) ide produk yang dijual, dan (4) sumber daya. Adapun penjelasan mengenai masing-masing fator sebagai berikut:
a. Motivasi (dorongan untuk memulai usaha)
Telah diketahui secara luas bahwa untuk meraih keberhasilan, individu atau kelompok memerlukan motivasi yang tinggi dan dorongan untuk memulai bisnis sampai meraih keberhasilan. Hal ini dicerminkan, misalnya, bagaimana dari ketangguhan mereka dalam menghadapi rintangan yang menghalangi, bagaimana mereka mencari informasi dan bagaimana mereka bersikap terhadap berbagai peluang yang ada. Indikator tambahan adalah komitmen dan perilaku kerja mereka (kualitas, efisiensi, jam kerja yang panjang), pengorbanan sebelumnya dalam memulai bisnis, dan dukungan keluarga atau mitra bisnis.


b. Kemampuan (pengetahuan dan keterampilan teknis
bisnis)
Pertanyaan penting lainnya adalah apakah individu atau orang lain yang terlibat memiliki kemampuan tertentu -ini dapat berupa pengetahuan, keterampilan teknis atau manajerial yang berhubungan dengan bisnis yang akan dijalankan. Satu jalan untuk mengisi kekurangan di bidang ini adalah bergabung dengan orang lain yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan atau mempekerjakannya.
c. Ide (sesuatu yang akan dipasarkan)
Hal penting yang ditentukan di sini adalah kelayakan dari ide, proyek, produk, atau layanan yang ditawarkan. Dengan kata lain, apakah ide, produk, atau layanan itu sesuai dengan kebutuhan atau keinginan sejumlah pelanggan yang mampu membeli produk tersebut dan mau menggunakan/ membeli dalam jumlah yang sesuai, sehingga proyek bisnis secara keseluruhan menjadi bernilai (memberi keuntungan, dalam konteks bisnis. Bagaimana produk itu bisa menjadi sesuatu yang lebih diinginkan atau lebih baik dari yang telah ada dan bagaimana reaksi pesaing?
d. sumber daya.
Akhirnya, kemampuan orang-orang yang bekerja di dalam perusahaan untuk menguasai dan mengelola sumber daya yang ada, tidak hanya akan mempengaruhi kinerja usaha tersebut, tapi juga apakah mereka bisa memulai bisnis itu atau tidak. Sumber daya itu meliputi modal, uang, tempat usaha, bahan baku, peralatan, dan tenaga kerja. Ketersediaan infrastruktur (seperti listrik, telepon, jalan) dan layanan pendukung juga sangat pentin.
I.  Bekerja Mandiri
Bekerja Mandiri adalah kegiatan di mana seseorang menciptakan kesempatan kerja bagi diri sendiri dengan menciptakan usaha.
a. Keuntungan bekerja mandiri antara lain seperti berikut ini:
1.           Memimpin bukan dipimpin
2.           Dapat mewujudkan ide-ide

3.          Dapat berkreasi (kreatif)
4.          Potensi pendaPatan Yang tidak terbatas
5.          Kemandirian
6.          Dapat mengambil inisiatif
7.          Mengendalikan lingkungan kerja
8.          Memberi Perintah
9.          Tanggung jawab Yang khusus
10.       Pendapatan Yang teratur
11.        Tunjangan, dll.
12.      Jam kerja tetap
13.      Masa depan lebih jelas
14.      Wewenang Pengawasan terbatas
15.      Risiko minimal
b. Tantangan bekerja mandiri antara lain:
1.          Jam kerja lama dan tidak teratur
2.          Tanggung jawab luas
3.          Harus mengambil risiko terjamin
4.          Tidak ada tunjangan
5.          Selalu terlibat dalam keuangan
6.          Dibatasi oleh waktu
7.          Masa depan tidak jelas
8.          Pendapatan tidak stabil dan tidak menentu
9.          Proses belajar tidak pernah berhenti
10.       Sulit mendelegasikan Pekerjaan
11.       Terlalu banyak Pekerjaan administrasi
12.       Tergantung Pada tindakan Pegawai
13.       Harus mengikuti Perintah
14.       Kemampuan anda tidak mudah diakui
15.       Pendapatan tetap
16.       Tanggung jawab terbatas
17.       Sulit mewujudkan ide-ide
18.       Tergantung Pada Pemberi kerja

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.